Kompetensi Lulusan Prodi Pendidikan IPA

Kompetensi Lulusan Program Studi Pendidikan IPA

Kompetensi utama lulusan Program Studi S1 Pendidikan IPA FMIPA UNY adalah sebagai:

1.      pendidik dan tenaga kependidikan yang professional dalam bidang IPA pada jenjang  SMP/MTs,

2.      peneliti dalam bidang pendidikan IPA

Profil pendidik, tenaga kependidikan dan peneliti dalam bidang pendidikan IPA yang ingin dihasilkan mengacu pada Kualifikasi KKNI Level 6 mencakup sikap, pengatahuan, keterampilan khusus dan ketrampilan umum sebagai berikut: 

A.   Sikap dan Tata Nilai

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

 

B.     Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai fakta, konsep, prinsip, hukum, teori dan prosedur bidang inti IPA.
  2. Menguasai teori belajar, karakteristik peserta didik, strategi, perencanaan dan evaluasi pembelajaran IPA secara terpadu.
  3. Menguasai konsep teoritis pemecahan masalah dalam pendidikan IPA  secara prosedural melalui pendekatan ilmiah.

 

C.      Keterampilan

1.        Kemampuan kerja umum

  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  • Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  • Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  • Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  • Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  • Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
  • Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja  kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
  • Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya,dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  • Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
  • Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data di bidang  IPA dan pendidikan IPA,  memberikan saran kepada teman sejawat serta menginformasikan kepada publik sesuai ketentuan yang berlaku.
  • Mampu melakukan penelitian  yang dapat digunakan dalam memberikan berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan IPA.
  • Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi di bidang IPA dan pendidikan IPA serta pelaporan hasil kerja organisasi.

2.        Kemampuan Kerja Khusus

  • Mampu melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, dalam pembelajaran  IPA yang berorientasi pada standar proses.
  • Mampu menggunakan sumber belajar dan media pembelajaran IPA  berbasis IPTEKS untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran IPA dalam kegiatan kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler
  • Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, laboratorium, sekolah, dan Lembaga Pendidikan di bawah tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif.