MAHASISWA PENDIDIKAN IPA UNY STUDI LAPANGAN KE GUNUNG PURBA

.Sebanyak 24 mahasiswa Pendidikan IPA Kelas Billingual FMIPA UNY mengadaikan rangkaian kegiatan Outdor Activity berupa Studi Lapangan ke Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran Patuk Gunungkidul, minggu kemarin. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperdalam pengetahuan dalam bidang geologi kegunungapian. Outdoor Activity merupakan bentuk pembelajaran yang menitikberatkan pengalaman langsung di lapangan. Belajar dari sumbernya memungkinkan pemahaman yang lebih mendalam dan kontekstual.”

Ketika dikonfirmasi Rabu, 13/6, Muhammad Izzatul Faqih, ketua Kelas, mengatakan, kegiatan Studi Lapangan ini mengusung tema “Meningkatkan Pengalaman Sains melalui Outdoor Activity”. Di puncak gardu pandang I (Pos I) kami melakukan studi vegetasi dan studi kenampakan kontur morfologis gunung. Berbagai macam jenis vegetasi tumbuhan hutan kami temukan termasuk melihat morfologi bebatuan yang terlihat sangat menakjubkan.

“Kegiatan Outdoor Activity ini merupakan program kerja kelas Billingual yang akrab disapa ExcellClass angkatan 2009. Kegiatan ini sekaligus sebagai wahana mempererat kebersamaan dan kesolidan kelas menjelang penerjunan Kuliah Kerja Nyata Program Pengalaman Lapangan (KKN-PPL) 1 Juli 2012 mendatang,” lanjutnya. Studi lapangan ini akan diakhiri dengan studi biota laut ke Pantai Indrayanti Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul. (witono)