Pendidikan IPA UNY Terima Kunjungan PKBM Permata

Jumat, 21 Oktober 2022, Pendidikan IPA FMIPA UNY menerima kunjungan 80 siswa Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Permata Unggul yang beralamatkan di Purwomartani, Kalasan, Sleman. Kunjungan ini merupakan kunjungan yang kedua kalinya, setelah kunjungan pertama 2 tahun silam. PKBM Permata Unggul merupakan satuan pendidikan non formal yang menyelenggarakan pendidikan ramah anak, setara dengan Paket A, Paket B, dan Paket C. PKBM Permata Unggul sendiri menerapkan Kurikulum 2013 dengan tiga program unggulan, yakni project based learning, online class berbasis synchronous dan asynchronous learning, serta program keterampilan/ liveskill yang mendukung bakat peserta didik seperti komputer, tata boga, dan tata busana.

Pada kesempatan ini, Jurusan Pendidikan IPA FMIPA UNY berkesempatan memfasilitasi kegiatan praktikum peserta didik PKBM Permata Unggul. Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai tingkatannya untuk melaksanakan praktikum. Terdapat beberapa kegiatan, yaitu pengamatan mikroskop tentang otot polos, lurik, dan jantung, persilangan monohibrid, ekstraksi DNA, pembangkit petir, dan beberapa kegiatan lain. Praktikum dibersamai oleh 3 dosen dan 10 mahasiswa selaku asisten praktikum.

Pendidikan IPA FMIPA UNY berharap kegiatan serupa dapat terus terjalin dengan baik. Hal ini merupakan salah satu wujud pengabdian institusi Universitas Negeri Yogyakarta kepada masyarakat. Selain itu, kerjasama ini dapat meningkatkan kemitraan UNY sebagai LPTK dengan sekolah sebagai user dari outcome LPTK.