Tunaikan Tridharma, Dosen IPA Beri Pelatihan PhET Interactive Simulations bagi Guru SMP

Setiap dosen memiliki kewajiban untuk menerapkan tridharma perguruan tinggi yang terdiri dari pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Sebagai bagian dari implementasi salah satu tridharma perguruan tinggi, Dosen Jurusan Pendidikan IPA UNY melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. September 2022, kelompok research group Media Pembelajaran yang terdiri dari Dr. Sabar Nurrohman, M.Pd., Drs. Allesius Maryanto, M.Pd., Widodo Setiyo Wibowo, M.Pd., dan Dr. Laifa Rahmawati, M.Pd., melakukan pelatihan penyusunan lembar kerja peserta didik (LKPD) IPA berbantuan PHeT Interactive Simulations bagi guru-guru di SMP Negeri 2 Mlati, Sleman.

Kegiatan dilakukan dalam tiga tahap, yakni eksplorasi Phet Simulation pada pertemuan pertama, kemudian dilanjutkan dengan penyusunan RPP dan LKPD pada pertemuan kedua, kemudian pada pertemuan terakhir dilakukan implementasi atau penerapan pembelajaran di kelas yang diikuti dengan diskusi dan refleksi.

Perkembangan zaman menuntut peningkatan kompetensi guru, terutama dalam hal penguasaan teknologi digital. Kecenderungan pembelajaran yang dilakukan secara blended setelah pandemi Covid – 19 menuntut kreativitas guru untuk menciptakan pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar peserta didik. Oleh karenanya, diharapkan, dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi, pengetahuan, dan kemampuan guru dalam menggunakan virtual lab berbasis PhET Interactive Simulations dalam pembelajaran IPA. Disamping itu, guru juga akan membantu meningkatkan ICT Literacy serta Information and Media Literacy bagi peserta didik yang merupakan tuntutan kompetensi di era revolusi industry 4.0.

Peserta didik akan lebih terlibat dalam pembelajaran IPA saat menggunakan virtual lab berbasis PhET Interactive Simulations, sehingga diharapkan hasil belajar dan kemandirian belajarnya akan meningkat. Selain itu, kegiatan serupa juga dapat meningkatkan kemitraan UNY sebagai LPTK dengan sekolah sebagai user dari outcome LPTK serta meningkatkan kemitraan UNY dengan para guru, sehingga keduanya dapat saling membina komunikasi dalam rangka peningkatan kualitas praktik pembelajaran.