MAHASISWA UNY BERI PELATIHAN DOKTER KECIL DI GUNUNG KIDUL

Empat mahasiswa UNY yang terdiri atas Zamzam Fatma Ambarsari (FMIPA), Briyan Sumartono (FT), Andriyana Fatmawati (FBS), dan Fitri Alfarisy (FBS) memberikan Pelatihan Dokter Cilik sebagai Upaya Pembentukan Kader Kesehatan Keluarga Melalui Pemberdayaan Siswa di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kemadang Gunungkidul Yogyakarta. Pelatihan yang diikuti oleh 80 siswa kelas 4 dan 5 SD ini dilaksanakan pada bulan Maret 2011.

Zamzam  mengatakan, dokter cilik merupakan anak sekolah dasar yang dipilih untuk menangani masalah kesehatan baik disekolah maupun di masyarakat. Berdasarkan data yang diperoleh dari SD Muhamadiyah Kemadang, dapat ditarik kesimpulan bahwa ada beberapa penyakit yang sering di keluhkan siswa-siswi SD tersebut. Salah satunya dikarenakan pola hidup yang kurang sehat. Penyakit yang terjadi adalah sakit gigi, sakit perut, diare, mimisan dan lain sebagainya.

“Dari beberapa penyakit ini ada beberapa penyebab salah satunya adalah kurang bersih gaya hidup dari siswa-siswi seperti gosok gigi yang hanya dilakukan 1 hari sekali, pola makan yang kurang sehat menyebabkan sering terjadi sakit perut bahkan Maag. Maka dari itu, perlu adanya suatu program untuk menanggulangi masalah yang terjadi disekolah ataupun yang terjadi di kalangan masyarakat terutama keluarga,” lanjut mahasiswa Pendidikan IPA UNY ini.

Sementara itu, Briyan mengatakan, dengan adanya “Dokter Cilik” dapat menjadi agen perubahan dalam kesehatan. Dalam program dokter cilik ini bisa menjadi pengenalan dini tentang pentingnya kesehatan. Salah satu yang bisa diajarkan adalah Gizi, Kesehatan Pribadi dan lingkungan, Olahraga, cuci tangan, P3K, dan berbagai prilaku hidup sehat.
Melalui Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKMM) ini, diharapkan siswa dapat menjadi kader kesehatan baik untuk diri sendiri, keluarga, orang lain maupun lingkungan. Sehingga, tercipta iklim yang sehat dalam kegiatan sehari-hari. (witono)