Mahasiswi Departemen Pendidikan IPA Magang di PT Stechoq Robotika Indonesia pada Program MSIB #4

Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) merupakan salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbudristek. Program Magang Bersertifikat sebagai bagian dari MSIB, dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi dunia karir di masa mendatang. Melalui program ini, mahasiswa akan terjun langsung ke dunia karir dan memperoleh pengalaman untuk menjadi tenaga kerja yang profesional. Dengan demikian, mahasiswa tidak hanya memperoleh teori dari pembelajaran di kelas, tetapi juga melalui praktik langsung dalam dunia karir. Program ini dilaksanakan selama kurang lebih 5 bulan yang dimulai pada 16 Februari 2023 dan berakhir pada 30 Juni 2023.

PT Stechoq Robotika Indonesia merupakan salah satu mitra dari program Magang Bersertifikat yang telah tergabung sejak batch pertama. Perusahaan ini bergerak di bidang riset dan pengembangan (research and development) yang berfokus dalam inovasi teknologi robotika dan industrial 4.0 untuk kebutuhan medis, pendidikan, manufaktur, serta peternakan. Salah satu mahasiswa Pendidikan IPA yang lolos dalam seleksi program MSIB di PT Stechoq Robotika Indonesia adalah Anisa Dhamayanti atau biasa dipanggil Dhama.

Pada program Magang Bersertifikat di PT Stechoq Robotika Indonesia ini, Dhama tergabung dalam divisi Education Engineer in Developing Digital Transformation and Industry 4.0. Sebagai bagian dari divisi Education Engineer, Dhama mendapatkan dua proyek, yaitu pengembangan Learning Management System (LMS) Mechanical Engineer dan pengembangan alat peraga plywood untuk peserta didik tingkat SMP/MTs. Dhama tergabung dalam dua tim yang berbeda bersama dengan mahasiswa magang dari berbagai divisi.

Hal yang menarik bagi Dhama ketika mengerjakan proyek adalah banyaknya pengalaman baru di luar kompetensi yang dia miliki sebagai mahasiswa Pendidikan IPA. Sebagai contoh, Dhama yang berkolaborasi bersama tim Mechanical Engineer untuk mengembangkan LMS Mechanical Engineer. Dalam proyek tersebut, Dhama berkontribusi dalam mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) serta sebagai editor materi Mechanical Engineer. Dengan demikian, Dhama memperoleh banyak pengetahuan baru seputar Mechanical Engineer.

Gambar 1. Tim pengembangan LMS Mechanical Engineer

Tidak kalah menarik pada proyek pengembangan alat peraga plywood untuk peserta didik tingkat SMP/MTs, Dhama merasakan kontribusi yang lebih intensif dalam proyek tersebut sebagai mahasiswa Pendidikan IPA. Dhama sebagai Education Engineer berkolaborasi dengan tim yang terdiri dari Mechanical Engineer, Hardware Engineer, serta 3D Designer. Dalam proyek ini, Dhama sebagai konseptor serta penyusun Lembar Kerja Peserta Didik untuk melengkapi alat peraga. Bagian yang paling menarik bagi Dhama yaitu ketika dirinya terjun ke MTs Al Barokah Robotika untuk melakukan uji coba alat peraga bersama tim. Dhama bertemu dengan siswa-siswi dari sekolah tersebut dan membimbing mereka untuk mengoperasikan alat peraga.

Gambar 2. Uji coba alat peraga plywood di MTs Al Barokah Robotika

Dalam program Magang Bersertifikat di PT Stechoq Robotika Indonesia yang berbasis pengerjaan proyek, Dhama dan tim harus melaksanakan Weekly Report setiap minggunya. Weekly Report merupakan kegiatan pelaporan progress dari proyek yang telah dijalankan oleh tim, pelaporan kendala yang dihadapi oleh tim, serta pelaporan rencana kegiatan tim untuk satu minggu ke depan. Kegiatan ini dipimpin oleh Project Manager dari setiap tim dan dilaksanakan oleh seluruh tim bersama mentor koordinator lapangan. Dalam kegiatan ini, Dhama belajar mengenai cara memanajemen waktu proyek serta bernegosiasi dengan tim dan mentor.

Bagian paling menantang bagi Dhama yaitu pelaksanaan UTS dan UAS sebagai bentuk pelaporan proyek yang dihadiri oleh mentor koordinator lapangan, mentor ahli, serta tim Person in Charge (PIC) MSIB Stechoq. Kedua kegiatan ini menjadi ajang untuk melatih kemampuan public speaking di depan petinggi-petinggi perusahaan. Dhama dan tim perlu melakukan penjelasan proyek yang telah dilaksanakan serta menjawab pertanyaan yang kemungkinan di luar bidang kompetensinya. Dengan demikian, diperlukan transfer knowledge antar anggota tim sebelum pelaksanaan UTS dan UAS.

Gambar 3. Penjelasan Alat Peraga Plywood saat Pelaksanaan UAS

Gambar 4. Penjelasan LKPD Alat Peraga Plywood saat Pelaksanaan UAS

Kegiatan Magang Bersertifikat di PT Stechoq Robotika Indonesia menjadi kegiatan yang sangat memorable untuk Dhama. Tidak hanya pengalaman tak ternilai yang dia dapatkan, tetapi juga teman-teman seperjuangan yang tak kenal lelah dalam menyelesaikan proyek. Dia memperoleh banyak relasi dari berbagai universitas yang tersebar di Indonesia. Menurut Dhama, mereka tidak hanya sebatas rekan kerja saja, tetapi sebagai tempat berbagi dan berkeluh kesah dalam menjalani kegiatan sehari-harinya. Melalui kegiatan Magang Bersertifikat di PT Stechoq Robotika Indonesia dengan posisi Education Engineer ini, Dhama memperoleh kompetensi baik di bidang pendidikan maupun di luar bidang pendidikan, yaitu design thinking, curriculum design and development, learning strategy development design, online-based learning, teaching materials designing and online evaluation components, digital teaching material production, development of graphic, video, and audio learning media, development of educational teaching aids, serta business development based on product innovation. Berdasarkan pengalaman serta kompetensi yang diperoleh Dhama, dia berharap semakin banyak mahasiswa Pendidikan IPA yang termotivasi untuk mengikuti program Magang Bersertifikat, khususnya di PT Stechoq Robotika Indonesia.