Melangkah Bersama Praktisi: Mahasiswa Pendidikan IPA UNY Diperkaya dengan Pembelajaran Berdiferensiasi

Program praktisi mengajar angkatan IV Tahun 2024 terus menunjukkan komitmen yang kuat dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Sebagai bagian dari upaya ini, Program Studi Pendidikan IPA FMIPA UNY telah berhasil memperoleh hibah untuk mengundang praktisi terbaik ke dalam kelas-kelas mereka, menghadirkan kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk mendapatkan wawasan langsung dari para ahli di lapangan. Pada hari Jumat, 3 Mei 2024, ruang seminar lantai 2 FMIPA UNY menjadi saksi dari kehadiran yang menginspirasi: Ibu Herlina Damayanti, S.Pd., seorang guru IPA di SMP N 11 Yogyakarta dan juga wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Sebagai praktisi yang berpengalaman, Ibu Herlina Damayanti mengambil peran ganda sebagai pembawa ilmu dan motivator bagi mahasiswa semester 6 Program Studi Pendidikan IPA.

Dalam dua sesi yang diadakan pada pukul 08.00-10.00 dan 13.00-15.00, mahasiswa disuguhi dengan topik yang mendalam tentang pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran IPA di tingkat SMP. Kegiatan dimulai dengan pemberian game quizziz untuk mengukur pemahaman awal mahasiswa, yang kemudian diikuti dengan praktik langsung dalam menerapkan metode pembelajaran yang berdiferensiasi dan diskusi mendalam mengenai studi kasus. Antusiasme yang terpancar dari para mahasiswa menggambarkan betapa berharganya kesempatan ini. Mereka tidak hanya belajar dari teori, tetapi juga mendapatkan pandangan praktis dari seorang praktisi yang memiliki pengalaman lapangan yang luas. Harapannya, kegiatan ini dapat membantu meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa Pendidikan IPA UNY, mempersiapkan mereka dengan lebih baik untuk peran mereka di masa depan sebagai pendidik di tingkat SMP.