UNY Selenggarakan Workshop Peningkatan Kompetensi Pembelajaran bagi Guru IPA Kabupaten Sleman

Tuntutan pendidikan abad 21 adalah mendorong peserta didik menguasai keterampilan yang berguna bagi mereka agar lebih responsif terhadap perubahan. Guru sebagai fasilitator pembelajaran harus tetap update mengikuti perkembangan zaman. Mendukung hal tersebut, tim dosen Departemen Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta yang beranggotakan Insih Wilujeng, Purwanti Widhy Hastuti, Susilowati, Rizki Arumning Tyas, Putri Anjarsari, Dadan Rosana, Eko Widodo, Maryati, dan Didik Setyawarno menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kompetensi Guru IPA dalam Pembelajaran yang diikuti oleh 30 perwakilan guru IPA dalam forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran IPA Kabupaten Sleman Korwil Timur.

Kegiatan berlangsung pada Sabtu, 22 Juli 2023 bertempat di SMP N 1 Kalasan. Kegiatan dilakukan dalam 3 tahap, yakni eksplorasi materi yang terdiri dari:
1. Pembelajaran IPA Berbasis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK)
2. Instructional Design berbasis Context
3. Asesmen Keterampilan Proses Sains dalam Kurikulum Merdeka
Setelah itu dilanjutkan dengan penyusunan modul ajar serta instrumen penilaian, dan yang terakhir adalah implementasi atau penerapan pembelajaran.

Dalam sambutannya, Ibu Siti Rochmah Nurwati selaku ketua MGMP Kabupaten Sleman menyambut baik dan berharap kegiatan serupa dapat diagendakan secara berkelanjutan, tidak hanya untuk MGMP IPA Sleman Timur, melainkan bisa berkeliling ke seluruh cakupan wilayah MGMP IPA Kabupaten Sleman.

"Dalam era disrupsi ini, untuk bertahan setidaknya ada tiga hal yang perlu dilakukan guru yaitu pertama memberikan solusi dengan peningkatan kompetensi, bersinergi dengan rekan sejawat dan komunitas dan meningkatkan spiritualitas," ungkap Prof. Dr. Insih Wilujeng sebelum pemaparan materi.

Kolaborasi antara guru dan dosen LPTK dalam bidang pendidikan tentunya akan menguntungkan kedua belah pihak. Dosen LPTK akan mendapatkan informasi secara langsung tentang apa yang sedang terjadi di dunia pendidikan tingkat sekolah, sehingga, dosen dapat lebih memahami apa yang dibutuhkan para lulusan untuk menjadi guru profesional. Disamping itu, para guru akan dapat meningkatkan kompetensi profesional dan pedagogik untuk mendukung peningkatan mutu pembelajaran di sekolah.

Kegiatan workshop diakhiri dengan penutupan oleh Drs. Eko Widodo, M.Pd., mewakili Tim Dosen Departemen Pendidikan IPA. "Saya memahami bapak dan ibu guru dihadapkan pada kesibukan dan tugas yang tidak ringan. Tetapi saya percaya, bapak dan ibu guru IPA selalu bersemangat meningkatkan kompetensi dan terus belajar. Semoga dapat bertemu di kesempatan berikutnya."