Pelatihan Diseminasi Pendekatan Inovatif: Technology Pedagogical and Science Knowledge Contextual (TPASK-C) bagi Guru IPA MTs Kabupaten Sleman

Pembelajaran IPA selama pandemi Covid 19 secara umum dilangsungkan secara daring (online). Walaupun secara online, pembelajaran IPA dituntut untuk dapat mengembangkan life skill siswa. Kegiatan PPM ini bertujuan untuk memberikan pembekalan keterampilan bagi guru IPA untuk menyiapkan konten bahan ajar IPA bermuatan life skills serta mengidentifikasi aspek-aspek life skills yang dapat dimuat dalam konten bahan ajar IPA yang digunakan selama era pandemi Covid-19. Research Group "Bahan Ajar" Jurusan Pendidikan IPA UNY yang terdiri dari Dr. Asri Widowati, Ir. Ekosari Roektiningroem, Dita Puji Rahayu, M.Pd., bersama dengan Prof. Dr. Sri Atun menyelenggarkaan Pelatihan Diseminasi Pendekatan Inovatif: Technologi Pedagogical And Science Knowledge Centextual (TPASK-C) yang diikuti oleh 30 orang guru IPA dari MTs se Kabupaten Sleman.

Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada 20 dan 27 Agustus 2022 dengan total pelatihan selama 32 Jam Pelajaran. Materi diklat yang diberikan sangat bervariatif, yaitu:

  • Optimalisasi alam dan pertanyaan ilmiah
  • Eksplorasi alam
  • Peta konsep dan pemahaman nature of science
  • Pemetaan konsep
  • Pemetaan muatan nature of science
  • Media belajar dan ICT dalam pembelajaran IPA
  • Analisis kebutuhan media
  • Pembelajaran berpendekatan aktif
  • Skenario pembelajaran
  • Bahan ajar

Hasil akhir dari kegiatan pelatihan adalah tagihan produk. Produk yang terkumpul sebanyak 19 peta analisis kebutuhan bahan ajar dan 17 bahan ajar LKPD. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa dari keseluruhan produk yang dikumpulkan maka sebagian besar (lebih dari 75% dari 19) sudah dapat memetakan kebutuhan bahan ajar dengan kategori baik. Kemampuan mengembangkan bahan ajar berorientasi life skills sudah baik (N=17). Sebagian besar peserta juga memberikan respon positif terhadap kegiatan pelatihan yang dilaksanakan.