Pengalaman Mahasiswi Departemen Pendidikan IPA Lolos Program Magang Bersertifikat (MSIB) Batch 4 di PT Inamas Sintesis Teknologi (Inastek)

Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) merupakan salah satu program yang diluncurkan oleh Kemendikbud yaitu Kampus Merdeka. Program magang ini berlangsung kurang lebih selama 5 bulan dimulai pada 16 Februari 2023 - 30 Juni 2023. Sebelum menjadi peserta magang (mentee) mahasiswa harus melalui beberapa seleksi yaitu seleksi berkas, tes kebhinekaan, tes tulis (sesuai kebijakan perusahaan), dan tes wawancara. Sebagai penyambutan peserta magang setiap perusahaan melakukan Onboarding. Program MSIB #4 ini diikuti oleh 3 mahasiswa Departemen Pendidikan IPA angkatan 2020 dengan perusahaan yang berbeda-beda. Salah satu mahasiswi yang lolos pada program MSIB ini adalah Kilana Kilang Rahimmiditya atau kerap disapa dengan Kilana. Kilana lolos program MSIB #4 ini di PT Inamas Sintesis Teknologi (Inastek) pada divisi Educational Content Development. PT Inastek merupakan perusahaan adalah perusahaan penelitian dan pengembangan yang menciptakan produk inovatif untuk otomasi industri, khususnya agroindustri yang berdiri pada tahun 2020. Tema magang di PT Inastek pada MSIB #4 ini yaitu “Pengembangan Pembelajaran Sirkular Ekonomi Pertanian Terpadu Dan Pengolahan Sampah Plastik”.

Selama menjadi mentee di Inastek, Kilana mengerjakan beberapa pekerjaan yang diberikan oleh mentor maupun diskusi proyek dengan anggota divisi. Beberapa proyek utama yang telah dikerjakan oleh divisi Educational Content Development yaitu membuat artikel pendidikan mengenai agroteknologi untuk website Inastek, melakukan pendampingan Vocational Exposure Program (VEP) bersama siswa kelas 8 Olifant High School (OHS) Yogyakarta, dan webinar InasTalk (Inastek Talk) #1. Kilana menyampaikan kepada teman-teman mahasiswa bahwa, “Tidak usah takut untuk mencoba mengikuti program magang (MSIB) walaupun kita berlatar belakang dari jurusan kependidikan, kita bisa menyesuaikan pilihan divisi yang sekiranya linear dengan latar belakang pendidikan kita.” Sebagai contoh pada saat pendampingan program VEP bersama OHS, Kilana terlibat dalam kegiatan wawancara dengan peserta didik, membuat lembar penilaian, membuat PPT materi, membimbing selama kegiatan berlangsung, dan mengolah nilai peserta VEP. Hal tersebut merupakan salah satu keterampilan dasar yang dipelajari oleh mahasiswa jurusan kependidikan.

Gambar 1. Pendampingan VEP dengan OHS Hari Kedua Materi Hidroponik

Gambar 2. Pendampingan VEP dengan OHS Hari Keempat Pembuatan Pitch Deck Inovasi Produk Inastek

Salah satu pengalaman paling menarik menurut Kilana yaitu saat melakukan technical meeting dalam rangka mempersiapkan proyek webinar InasTalk #1 dengan tema “Agropreneurs – Economic Growth through Modern Technology and Agriculture”. Pada proyek ini Kilana menyusun proposal kegiatan, membuat Rancangan Anggaran Biaya (RAB) untuk keperluan webinar, dan negosiasi dengan berbagai pihak. Pengalaman yang paling berkesan selama Kilana mengikuti magang ini yaitu masa-masa persiapan menuju webinar ini terutama saat technical meeting (TM) bersama dengan pengisi materi InasTalk. Pada kegiatan TM tersebut Kilana dibimbing oleh mentor divisi Educational Content Development, kemudian Kilana berperan untuk menyampaikan isi pokok bahasan persiapan webinar kepada pemateri. Pengisi materi pada webinar InasTalk merupakan Head of Agritech dari Inastek dan CEO Aero Versum Group beserta jajarannya. Berdasarkan pengalaman yang telah Kilana bagikan, berkomunikasi dengan petinggi perusahaan merupakan pengalaman luar biasa yang telah Kilana peroleh selama kegiatan magang ini berlangsung.

Gambar 3. Technical meeting dengan pemateri webinar InasTalk #1

Gambar 4. Keterlaksanaan webinar InasTalk #1

Selain mengerjakan tugas-tugas utama divisi, setiap minggu Kilana mengikuti weekly report, weekly report adalah sebuah kegiatan pelaporan progres proyek rutin setiap satu minggu sekali. Kegiatan ini dipimpin oleh divisi Project Manager dengan skema pelaksanaan yaitu seluruh divisi melaporkan masing-masing progres secara langsung. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang melatih keterampilan komunikasi dan berpikir kritis untuk dapat mengetahui proyek masing-masing divisi dan menanyakan proyek tersebut kepada divisi yang bersangkutan. 

Gambar 5. Final report bersama seluruh mentee MSIB #4

Melalui kegiatan MSIB ini dan beberapa proyek di atas, Kilana mendapatkan banyak pengalaman, skill baru, dan kemampuan baru yang tidak didapatkan saat mengikuti pembelajaran reguler di dalam kelas. Kilana merasa senang, nyaman, dan merasa bahwa keterampilan berkomunikasi, bersosialisasi, bekerja dalam tim maupun individu, dan bekerja dengan tuntas terlatih pada program MSIB ini. Tidak hanya itu, Kilana juga bertemu dengan teman-teman baru yaitu mahasiswa dari berbagai daerah baik dari perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta dengan berbagai macam program studi. Kilana juga menjelaskan bahwa teman-teman baru yang ia temui friendly, baik, dan menyenangkan. Ketercapaian kompetensi diperoleh melalui kegiatan proyek maupun kegiatan diskusi bersama sesama mentee. Kompetensi yang telah dipelajari dan didapatkan yaitu planning and analyze, decision making, creativity, communication and teamwork, dan critical thinking. Berdasarkan kompetensi yang diperoleh selama program magang tersebut Kilana berharap dapat memotivasi teman-teman mahasiswa untuk keluar dari zona nyaman dan mencoba hal-hal baru dengan kesempatan yang ditawarkan melalui program MSIB ini.