Upaya Mengembangkan Rasa Cinta Sains Dan Kreativitas Siswa SD Melalui Kegiatan Lokakarya oleh Dosen Pendidikan IPA

Tim Dosen Departemen Pendidikan IPA beranggotakan Dr. Asri Widowati, Ir. Ekosari Roektinigroem, Dita Puji Rahayu, M.Pd., dan Hamdhan Djainudin, M.Pd. melakukan Kegiatan Lokakarya di SD IT Salman Alfarisi 2 pada 28 Juli 2023 pukul 10.00-11.30. Bentuk kegiatan adalah fun science dan pembuatan poster. Tujuan kegiatan ini yaitu mengenalkan kepada siswa SD bahwa IPA itu sangat menyenangkan dan sangat berkaitan dengan lingkungan sekitar. Peserta dari kegiatan ini adalah siswa kelas 4 SD IT Salman Alfarisi 2 yang terdiri dari 88 siswa. 

Kegiatan diawali dengan pembukaan di masing-masing kelas oleh Tim DKL, yaitu kelas 4A (Bu Asri), Kelas 4B (Bu Dita) dan kelas 4C (bu ekosari). Disetiap kelas DKL setiap dosen membuka kegiatan dilanjutkan menyampaikan bahwa IPA itu sangat menyenangkan dan banyak permasalahan-permasalahan dilingkungan sekitar yang dapat diselesaikan dengan IPA. Selanjutnya siswa diminta mengisi angket motivasi dan kreativitas. Kemudian siswa diminta membuat poster tentang larangan membuang sampah sembarangan. Hal ini didasari karena ternyata masih banyak di lingkungan sekitar siswa yang membuang sampah sembarangan.

Setelah selesai membuat poster kemudian masing-masing dosen di setiap kelas menyampaikan fun science yang akan dilakukan yang terdiri dari 5 pos kegiatan, setiap kegiatan ada 2 pos yang dijaga oleh 2 mahasiswa dengan lokasi yang berbeda-beda, yaitu Pembuatan Pasta Gigi Raksasa (di dalam kelas 4A dibantu oleh Ika dan Tyas), Pembuatan Batik Ecoprint (di dalam kelas 4B dibantu oleh Adek Novita dan Rani), Penyebab kapal di laut bisa berjalan (di dalam kelas 4C dibantu oleh faneisya dan amel), Pembuatan Awan dalam Gelas (di teras kelas 4A dibantu oleh revita dan Ulfa) dan Mengembangkan balon dengan sendirinya (diteras kelas 4C dibantu oleh Julita dan Lintang). Sedangkan sabrina dan pak hamdan bertugas mendokumentasikan.

Setiap kelompok di semua kelas mengunjungi 5 pos kegiatan secara bergantian. Ketika mengunjungi pos, setiap kelompok diberikan pertanyaan ilmiah yang berkaitan dengan kegiatan, kemudian ditunjukkan video kegiatan, selanjutnya siswa melakukan kegiatan dan diakhiri dengan penjelasan konsep sains yang berkaitan.

Ketika semua kelompok sudah mengunjungi semua pos, semua siswa masuk ke kelas masing-masing dan dilanjutkan refleksi oleh masing-masing dosen.