Prodi Pendidikan IPA UNY Gandeng UiTM Malaysia untuk Transformasi Pembelajaran STEM

Pada Kamis, 14 November 2024, Program Studi Pendidikan IPA FMIPA UNY menerima kunjungan akademik dari Universiti Teknologi Mara (UiTM), Malaysia, dalam rangka kegiatan Guest Lecture dan Workshop bertema Transformative Teaching in STEM: Empowering the Next Generation of Educators. Acara yang berlangsung pukul 09.00-11.30 ini dihadiri mahasiswa semester 5 Prodi Pendidikan IPA.

Dua narasumber utama, Mohamad Hisyam Ismail, Ph.D., dan Muhamad Furkan Mat Salleh, Ph.D., dari Department of Science Education, Faculty of Education, UiTM, berbagi wawasan tentang transformasi pembelajaran STEM yang berfokus pada pengembangan pendidik masa depan.

Selain Guest Lecture, mahasiswa mengikuti Workshop Integrated STEM Education bertema Creating Immersive STEM Experiences: Using Google AR and Minecraft Education for Integrated Learning. Workshop ini menghadirkan pengalaman belajar yang imersif melalui pemanfaatan teknologi seperti Google AR dan Minecraft Education untuk pembelajaran IPA.

Enam mahasiswa UiTM yang turut hadir sebagai instruktur—Muhammad Farhan Herman, Nur Shahaszadatul Natasya Shahibul Baharin, Alisa Diyana Amran, Nur Syamimi Farihah Shamsuddin, Farah Hanis Nor Azmi, dan Hafizatul Asyrin Zulkhairi—membimbing peserta dalam mengeksplorasi cara-cara kreatif untuk mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran.

“Kami ingin mahasiswa dapat melihat potensi teknologi dalam menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan relevan. STEM bukan hanya soal teori, tapi bagaimana membuatnya bermakna,” ujar Mohamad Hisyam Ismail, Ph.D.

Kegiatan ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk langsung mempraktikkan media digital dalam pembelajaran IPA. Dengan menggunakan Google AR, mahasiswa belajar menghadirkan objek virtual yang interaktif, sedangkan Minecraft Education memungkinkan simulasi sains melalui lingkungan gaming.

Kolaborasi antara UNY dan UiTM ini menjadi bukti nyata pentingnya sinergi lintas negara dalam memperkuat kualitas pendidikan. Selain memberikan wawasan baru, kegiatan ini juga membangun jejaring global yang mendukung pengembangan mahasiswa menjadi pendidik yang inovatif dan adaptif di era digital.